7 Cara Main Game PS1 di Android Tanpa Root Paling Mudah
7 Cara Main Game PS1 di Android Tanpa Root Paling Mudah

7 Cara Main Game PS1 di Android Tanpa Root Paling Mudah

Cara main game PS1 di android – PS1 atau PlayStation 1 pernah berjaya di tahun 90-an, bersaing ketat dengan konsol lain seperti miliknya Nintendo, SEGA, dan masih banyak lagi. PlayStation 1 menyediakan banyak sekali jenis game seru dan menantang dimainkan.

Cara main game PS1 di android – PS1 atau PlayStation 1 pernah berjaya di tahun 90-an, bersaing ketat dengan konsol lain seperti miliknya Nintendo, SEGA, dan masih banyak lagi. PlayStation 1 menyediakan banyak sekali jenis game seru dan menantang dimainkan. Tidak heran hingga sekarang masih banyak gamer yang ingin bernostalgia memainkan game PS1. Main game PS1 ternyata sekarang sudah bisa melalui smartphone android. Kamu perlu memanfaatkan emulator PS1 android untuk bisa bernostalgia main game PS1 di android.

Cara main game PS1 di android menggunakan emulator juga bisa dilakukan tanpa harus melakukan root. Beberapa emulator PS1 android memang membutuhkan akses root untuk bisa menjalankannya. Tapi cara yang saya ulas ini tidak memerlukan lagi akses root android. Penasaran ingin tahu caranya? Simak ulasannya berikut ini.
Cara Main Game PS1 di Android

Cara Main Game PS1 di Android Tanpa Root Paling Mudah

Cara main game PS1 di android sebenarnya sangatlah mudah, apalagi sekarang kamu tidak perlu lagi me-root smartphone android kesayangan. Ada banyak pilihan emulator PS1 untuk android yang bisa dipilih, namun yang paling saya rekomendasikan adalah emulator bernama ePSXe for Android. Aplikasi yang dibuat oleh epsxe software ini diklaim support dengan 99% game PlayStation.

Tidak hanya itu saja, Emulator ePSXe juga support dengan joystick atau gamepad. Anda bisa memanfaatkan fitur bluetooth atau kabel USB dengan kabel OTG untuk menyambungkannya dengan smartphone android. Control game pada layar juga cukup responsif dan bisa kamu atur sesuka hati peletakannya.

Sama seperti emulator android lainnya, ada syarat spesifikasi minimum dan yang direkomendasikan untuk bisa menjalankan emulator ePSXe dengan lancar. Berikut adalah spesifikasi smartphone yang harus kamu penuhi.

Syarat spesifikasi minimum ePSXe:

  • Berjalan pada OS Adroid 2.3 Gingerbread
  • CPU ARMv7 atau X86
  • Prosesor 1000 Mhz
  • RAM sebesar 256MB
  • Mendukung layar multi touch, tombol hw atau gamepad eksternal

Rekomendasi spesifikasi ePSXe:

  • Berjalan pada OS Android 7.0 Nougat atau Android 8.0 Oreo
  • CPU ARMv7 dengan Neon
  • Prosesor +1200 Mhz dual core
  • GPU cepat yang didukung OpenGL bagus
  • RAM sebesar 512MB
  • SDcard besar dan cepat
  • Mendukung layar multi touch, tombol hw atau gamepad eksternal
Cara Main Game PS1 di Android
Setelah syarat konfigurasi smartphone di atas dipenuhi, sekarang kamu bisa langsung menjalankan emulator ePSXe For Android untuk main game PS1. Untuk langkah-langkah dalam cara main game PS1 android dengan ePSXe emulator bisa kamu lihat di bawah ini.
  1. Sebelum memulai cara main game PS1 di android tanpa root dengan ePSXe emulator, perlu kamu menyiapkan beberapa bahannya. Siapkan aplikasi emulator ePSXe For Android, plugin BIOS, dan juga file ISO game PS1.
  2. Install sekarang ePSXe For Android di smartphone kesayangan. Pastikan kamu menginstallnya di memori eksternal atau SD Card agar tidak memakan banyak ruang internal memori.
  3. Setelah install ePSXe, jangan langsung menjalankannya di android. Kamu perlu melakukan penyetelan atau mengkonfigurasi ePSXe emulatornya agar bisa main game PS1 dengan lancar di android. Caranya adalah dengan mencari file BIOS-nya, biasanya tertulis “SCPH1001.bin” dan memindahkannya ke folder instalasi ePSXe. Buka berkas >> memori eksternal >> ePSXe >> BIOS >> kemudian paste dilokasi ini.
  4. Kalau sudah, sekarang kamu bisa menjalankan aplikasi ePSXe yang sudah diinstall tadi. Kemudian kamu bisa pilih Jalankan BIOS/Run BIOS. Sampai disini biasanya nanti plugin BIOS akan langsung terdeteksi oleh sistem.
  5. Cara main game PlayStation 1 di android selanjutnya adalah memasukkan file game PS1 ke emulatornya. Sangat mudah, anda hanya perlu mengunduh file ISO game PS1 dan meletakkannya di memori eksternal .
  6. Jalankan kembali emulator ePSXe For Android, setelah itu pilih Run Game. Secara otomatis emulator ePSXe akan mendeteksi game PS1 yang sudah kamu download. Jika file game PS1 masih berbentuk file RAR atau ZIP, kamu perlu melakukan ekstrak file terlebih dahulu agar game bisa terdeteksi oleh emulator.
  7. Sekarang kamu bisa merasakan keseruan bermain game PS1 di android tanpa root hp android terlebih dahulu. Sangat mudah bukan?

Rekomendasi Emulator PS1 Android Terbaik Selain ePSXe

Selain emulator ePSXe, ternyata masih ada rekomendasi emulator PS1 android lain yang bisa dijadikan cara untuk main game PS1 di android. Beberapa pilihan emulator android untuk main game PS1 ini mungkin membutuhkan akses root untuk bisa menggunakannya. Berikut rekomendasi emulator PS1 android paling bagus dan ringan bisa dicoba:

RetroArch For Android

RetroArch For Android

Pilihan emulator PS1 untuk android selain ePSXe yang pertama adalah RetroArch. Sejatinya RetroArch ini bukan sebuah emulator, melainkan fronted. Di dalamnya berisi rangkaian emulator, termasuk emulator PS1 seperti Mednafen. Meski begitu, aplikasi ini ternyata cukup ringan dijalankan dan tidak memerlukan sistem konfigurasi yang besar. Semakin menarik lagi karena RetroArch juga sudah support dengan NetPlay, memungkinkan kamu main game secara online.

Selain support dengan android, RetroArch ternyata juga support dengan sistem operasi lain seperti Mac OS, Linux, dan juga windows. Kamu hanya perlu mengunduh file BIOS untuk bisa menjalankan aplikasi ini.

FPse for Android

FPse for Android

Berikutnya ada FPse yang juga menjadi emulator PS1 yang support android. Emulator satu ini selain mendukung hampir seluruh game PS1 satu, juga cukup ringan dijalankan. Kamu juga bisa mengkompres ROM agar tidak telalu banyak memakan ruang internal android. Emulator ini juga support dengan berbagai kontrol game, seperti layar sentuh dan juga gamepad.

FPse juga bukanlah emulator gratis, kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menggunakannya. Emulator PS1 android satu ini dibanderol seharga $3.63 atau sekitar Rp 55 ribuan.

Baca Juga:
Bagaimana cara main game PS1 di android tanpa root dengan ePSXe emulator di atas? Cukup mudah diterapkan bukan? Apalagi kamu tidak perlu melakukan rooting android, cara ini semakin memudahkan bagi pemula. sudah siap bernostalgia ke jaman kejayaan PlayStation 1 di tahun 90-an?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Saya suka game, karena itulah saya membuat website yang khusus memuat tentang game ini. Meski begitu nge-game bukanlah sumber penghasilan, hanya sebuah hobi belaka.