Cara Main PES 2019 Mobile Agar Tidak Lag di HP RAM Kecil
Cara Main PES 2019 Mobile Agar Tidak Lag di HP RAM Kecil

Cara Main PES 2019 Mobile Agar Tidak Lag di HP RAM Kecil

Cara mengatasi lag di PES 2019 android – PES 2019 Pro Evolution Soccer merupakan game sepak bola online di android terbaik dan paling populer selain FIFA Football 2019. PES 2019 Mobile menjadi pilihan banyak gamer

Cara mengatasi lag di PES 2019 android PES 2019 Pro Evolution Soccer merupakan game sepak bola online di android terbaik dan paling populer selain FIFA Football 2019. PES 2019 Mobile menjadi pilihan banyak gamer karena permainan yang seru dan grafis menakjubkan. KONAMI selaku developer game bekerja sama dengan Real Engine untuk masalah tampilan grfisnya. Alhasil, Real Engine 4 yang membalutnya tampak sangat halus dan nyaman dipandang mata.

Karena grafis game yang cukup tinggi, tentu membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi pula. Ukurannya juga membengkak hingga mencapai 1.4GB, sangat besar dibandingkan game online multiplayer lainnya. Tapi tenang saja, HP kentang alias HP android mid-end hingga low-end ternyata masih bisa merasakan keseruan permainannya. HP android dengan RAM 2GB sekalipun bisa lancar main PES 2019 Mobile tanpa lag. Berikut ini cara main PES 2019 Mobile agar tidak lag di HP RAM 2GB atau bahkan 1GB sekalipun.
Cara Main PES 2019 Mobile Agar Tidak Lag

Cara Main PES 2019 Mobile Android Agar Tidak Lag


Mungkin menurutmu sangat susah cara mengatasi PES 2019 lag atau ngadat, padahal kenyataannya tidak. PES Mobile 2019 bisa lancar dimainkan di HP android spek rendah asalkan kamu tahu beberapa trik-nya. Tidak sulit kok guys, hanya beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Mengatur Grafis PES 2019 Mobile ke Resolusi Rendah

Cara main PES 2019 Mobile agar tidak lag di HP low-end dan mid-end yang pertama adalah dengan menurunkan resolusi grafik game. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PES 2019 Mobile ini sudah menggunakan grafis dari Real Engine 4 yang memang dikhususkan untuk game tingkat atas. Dengan begitu, mau tidak mau smartphone harus bekerja lebih keras saat menjalankannya.

Tapi disini ternyata kamu bisa mengatur grafis game agar berada di resolusi terendah. Untuk cara setting grafis game PES 2019 Mobile agar tidak lag di HP low-end atau mid-end, sebagai berikut:
  • Pertama kamu buka game PES 2019 Mobile di smartphone kesayangan.
  • Pada tampilan Selamat Datang (gambar Coutinho), jangan langsung kamu klik Lingkaran atau ikon (O). Di halaman tersebut kamu klik ikon LIST yang ada di pojok kanan bawah tampilan. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  • Setelah itu, nanti akan muncul beberapa opsi. Kamu tinggal klik pada opsi Pengaturan Video atau Video Settings.
  • Nanti akan muncul Pengaturan Video yang bisa kamu rubah ke tingkat paling rendah.
  • Kamu klik pada opsi Grafis/Graphics, lalu akan muncul 3 pilihan tingkat grafis game. Disini kamu bisa pilih salah satu dari tiga tingkat resolusi grafis, yakni Resolusi Tinggi, Standar, dan juga Resolusi Rendah. Jika HP-mu termasuk HP low-end, sangat direkomendasikan memilih opsi Resolusi Rendah. Tapi jika termasuk HP mid-end, maka bisa memilih Standar.
  • Selain mengatur grafisnya, Frame Rate atau Laju Bingkai juga perlu kamu rubah. Lebih baik pilih Frame Rate 30 fps jika memang HP androidmu memiliki spesifiksi rendah atau standar.
  • Selesai, cobalah untuk memainkan PES 2019 Mobile. Apakah masih terjadi lag atau tidak.

2. Menghapus Cache Android dan Cache Game

Cache atau file sampah terkadang juga bisa menjadi biang keladi dari game yang nge-lag, termasuk saat main PES Mobile 2019 android. Ini karena cache tersebut memenuhi RAM HP sehingga kinerjanya melambar. Untuk itu, kamu perlu menghapus cache tersebut agar kinerja HP menjadi lebih lancar.

Untuk cache android, biasanya beberapa pabrikan sudah menyematkan fitur khusus untuk menghapus cache tersebut. Misalnya di HP android Samsung J3 Pro, disana ada fitur yang namanya Pemeliharaan Perangkat. Kamu bisa menemukannya di menu Setting / Pengaturan >> scroll ke bawah >> klik Pemeliharaan Perangkat. Secara otomatis HP akan mencari file sampah dan juga aplikasi yang berjalan di latar belakang. Klik Optimalkan Perangkat untuk menghapusnya.

Sementara untuk cara menghapus cache di PES 2019 Mobile android juga tidak sulit. Lihat langkah-langkahnya di bawah ini:
  • Buka game PES 2019 Mobile hingga sampai di tampilan pertama (ada gambar coutinho).
  • Di tampilan tersebut kamu klik ikon List yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Ada beberapa opsi yang muncul, kamu tinggal pilih opsi Hapus Cache. Lalu klik Bersihkan.

Menghapus cache game biasanya juga bisa dilakukan untuk cara mengatasi PES 2019 Mobile keluar sendiri di android atau juga masalah tidak bisa masuk ke game.

3. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, membuat kinerja HP menjadi semakin berat. Bahkan saat main game PES 2019 Mobile, akan terjadi lag atau juga game keluar dengan sendirinya. Karena itulah, sangat disarankan untuk kamu menghentikan atau menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk cara menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu bisa melakukannya secara manual melalui fitur serupa Pemeliharaan Perangkat yang ada di Samsung J Series. Atau jika tidak ada, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Ccleaner atau Clean Master.

4. Mengoptimalkan Kinerja Android dengan Aplikasi Game Booster

Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara di atas, tapi dibuat lebih simple dan gak ribet. Kamu tinggal menginstall aplikasi yang bernama Game Booster untuk bisa mengoptimalkan kinerja HP android, terutama saat main PES Mobile 2019. Aplikasi ini cukup ringan karena kapasitasnya yang hanya 8.9MB.

Kinerjanya cukup mumpuni dalam mengoptimalkan RAM, prosesor, dan hardware lainnya yang berperan dalam gaming. Aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang juga bisa ditutup dengan mudah melalui aplikasi ini. Juga tidak membutuhkan akses root, sehingga mudah digunakan.

5. Pastikan Baterai Tersisa di atas 20%

Baterai HP yang tersisa minimal 20% biasanya akan menurunkan kinerjanya secara otomatis. Karena itulah, tidak heran jika bakal terjadi lag ketika digunakan untuk aktivitas apapun, termasuk saat main game PES 2019 Mobile. Sebaiknya charge terlebih dahulu untuk mengatasi masalah lag tersebut.

6. Sebaiknya Tidak Main Game Sambil Men-charge

Cara main PES 2019 Mobile agar tidak lag berikutnya adalah dengan tidak memainkannya saat di charge. Ketika dicharge, seharusnya arus listrik akan masuk ke baterai. Dan ketika mengoperasikannya maka arus akan sebaliknya keluar. Ketika kamu melakukan hal yang sama secara bersamaan, bisa jadi kinerja smartphone semakin berat.

Bahkan risiko paling parahnya, HP akan menjadi sangat panas hingga terjadi konslet atau juga meledak. Jangan sepelekan kondisi seperti ini, karena bisa jadi akan membawamu ke jalur bahaya.

7. Hapus Aplikasi Bawaan dan yang Tidak Berguna

Cara mengatasi lag saat main PES 2019 Mobile andoid yang terkhir adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi yang terinstall di HP android, hanya akan membuat sesak memori dan RAM jika aplikasi tersebut juga berjalan di latar belakang. Pilih aplikasi yang penting-penting saja, agar kinerja HP menjadi lebih cepat dan lancar.

Sementara untuk menghapus aplikasi bawaan, kamu perlu yang namanya akses root. Kamu harus melakukan rooting HP sehingga akses ke sistem menjadi lebih leluasa. Tanpa akses root, aplikasi bawaan akan tetap ada alias tidak bisa diuninstall.

Baca Juga:
Itulah tadi beberapa cara main PES 2019 Mobile agar tidak lag di HP RAM kecil atau low-end dan mid-end. Jika memang masih terjadi lag, bisa jadi kamu harus mengganti smartphone dengan spek yang lebih tinggi. Happy gaming guys!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Saya suka game, karena itulah saya membuat website yang khusus memuat tentang game ini. Meski begitu nge-game bukanlah sumber penghasilan, hanya sebuah hobi belaka.