-->

9 Cara Mengatasi PES 2019 Android Tidak Bisa Dibuka dan Penyebabnya

Cara Mengatasi PES 2019 Mobile tidak bisa dibuka atau dijalankan – Dibalik kesuksesan game PES 2019 Mobile android, ada beberapa masalah atau kendala yang dirasakan beberapa pengguna. Salah satunya yang cukup sering dialami adalah PES 2019 android tidak bisa dibuka atau dijalankan. 

Pada satu kasus, gamer sedang membuka game PES 2019 Mobile. Setelah sampai ditampilan pertama (gambar Coutinho), saat ditap layar maka game tidak masuk ke menu Home game melainkan kembali ke tampilan tadi. Ada pula kasus serupa namun di layar muncul tulisan “PES 2019 Stopped Working” atau pemberitahuan error lainnya. 

Namun pada intinya, beberapa masalah di PES 2019 android mobile tersebut sama yakni game tidak bisa dibuka atau dijalankan. Pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan bagaimana cara mengatasi PES 2019 android tidak bisa dibuka atau dijalankan beserta penyebabnya juga.
Cara Mengatasi PES 2019 Android Tidak Bisa Dibuka

Penyebab dan Cara Mengatasi PES 2019 Android Tidak Bisa Dibuka


Saat mendapati kasus seperti di atas, mungkin sebagian dari kalian agak bingung mencari cara atau solusi dari masalah tersebut. Tidak perlu susah payah mencari cara mengatasi PES android tidak bisa dibuka di internet. Karena pada artikel kali ini sudah saya bahas secara lengkap dan terperinci. Masalah PES 2019 Mobile loading terus atau tidak bisa login juga akan dibahas disini. 

Penyebab PES 2019 Android Tidak Bisa Dibuka atau Dijalankan

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai cara mengatasi PES 2019 android tidak bisa dibuka, kamu perlu mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari masalah tersebut, tentu nantinya akan lebih mempermudah kamu mencari solusinya. Berikut ini beberapa penyebabnya, antara lain: 
  1. RAM android yang penuh, sehingga tidak mampu membuka game PES 2019 android secara sempurna. 
  2. File cache atau sampah yang membuat game tidak bisa dibuka atau dijalankan. 
  3. Terjadi kesalahan sistem android saat akan menjalankan game. 
  4. File sistem game PES 2019 mobile android terjadi corrupt atau error. 
  5. Kapasitas smartphone android yang belum memenuhi system requirements PES 2019 android. Bisa dibilang kapasitas game terlalu berat untuk spesifikasi smartphone. 

System Requirements Game PES 2019 Android Mobile

Selain mengetahui penyebab PES 2019 android tidak bisa dibuka atau tidak bisa dijalankan, perlu kamu tahu juga sistem requirement-nya. Ini sangat penting agar aktivitas main game PES 2019 Mobile lebih nyaman dan menyenangkan. 

Minimum system requirement PES 2019 Mobile, antara lain :
  • Sistem Operasi: OS Android 5.0 Lollipop
  • Prosesor: Dual Core ke atas
  • RAM: 2GB
  • Memori Internal: Tersedia ruang kosong minimal 3GB
Rekomendasi system requirement PES 2019 Mobile, antara lain:
  • Sistem Operasi: OS Android 7.0 Nougat ke atas 
  • Prosesor: Quad Core ke atas
  • RAM: 3GB ke atas 
  • Memori Internal: Tersedia ruang kosong minimal 4GB

Cara Mengatasi PES 2019 Android Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui penyebab dan syarat spesifikasi smartphone untuk main PES 2019 android, selanjutnya ke informasi inti. Yakni cara mengatasi PES 2019 mobile tidak bisa dibuka atau tidak bisa dijalankan. Untuk informasi selengkapnya, simak di bawah ini :

1. Lakukan restart smartphone android


Lakukan restart smartphone android

Cara mengatasi tidak bisa masuk di PES 2019 mobile android yang pertama adalah dengan melakukan restart HP. Dengan cara merestart HP android, berbagai masalah atau kesalahan sistem biasanya bisa diperbaiki. Termasuk juga PES 2019 android tidak bisa dibuka, akan bisa diatasi dengan baik dengan cara ini. 

Sangat mudah melakukannya, cukup kembali ke menu Home lalu tekan tombol POWER selama beberapa detik. Pilih Restart, dan tunggu sampai muncul tampilan di layar. Cobalah buka kembali game PES 2019 android-nya. 

2. Hapus cache atau file sampah aplikasi 

Jika dengan cara merestart HP android tetap tidak bisa mengatasi masalah PES 2019 android tidak bisa dibuka, cobalah cara satu ini. Kamu bisa menghapus file cache atau file sampah dari game itu sendiri. Beberapa kasus PES 2019 mobile tidak bisa dijalankan, berhasil diatasi dengan cara ini. Termasuk juga saya sendiri, cara ini ampuh banget guys!

1. Pertama kamu buka game PES 2019 Android-nya seperti biasa.

2. Setelah itu, pada tampilan awal (gambar Coutinho) kamu jangan langsung tap layar untuk melanjutkan ke menu utama game. Melainkan klik pada ikon List atau garis-garis yang ada di pojok kanan bawah.

3. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi, kamu tinggal klik Hapus Cache atau Clear Cache.
4. Konfirmasi dengan klik Bersihkan atau Clear.

5. Selesai, cobalah buka kembali game PES 2019 Android.

3. Hapus data dan memori game PES 2019 android

Jika cara di atas masih belum bisa menjadi cara mengatasi PES 2019 Android tidak bisa dibuka yang ampuh, kamu bisa coba cara satu ini. Menghapus data dan memori game, itu artinya akun PES 2019 Android akan dihapus, sehingga saat login sama seperti login pertama kamu dulu. Kamu tidak akan mendapati koleksi pemain, manajer dan pengaturan akun seperti sebelumnya, karena akun menjadi baru lagi. 

Tenang, tidak perlu panik karena akun PES 2019 android yang kembali baru. Jika sebelumnya kamu sudah menautkan data game ke akun Google Play atau akun ID Konami, semua bisa dikembalikan seperti semula. Untuk cara menautkan akun PES 2019 Android ke ID Konami atau Google Play, bisa kamu cari sendiri di internet. 

1. Untuk menghapus data dan memori game, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan.
2. Setelah itu, klik pada opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi.



3. Pilih Tampilkan Semua, lalu cari dan klik game PES 2019 Mobile.

4. Sampai disini kamu klik Hapus Data dan juga Hapus Memori. Jika masih bingung, biasanya menu ini ada di opsi Penyimpanan.

5. Setelah dihapus, baru kamu bisa mentransfer kembali data game yang sudah ditautkan ke Google Play atau ID Konami sebelumnya. 
6. Buka kembali game PES 2019 Android hingga muncul tampilan pertama.

7. Pada tampilan tersebut (ada gambar Coutinho), kamu klik pada menu List.

8. Beberapa opsi akan muncul, kamu tinggal klik pada opsi Transfer Data. 
9. Pilih akan transfer data dari Google Play atau ID Konami, sesuai data tautan yang kamu lakukan sebelumnya.

10. Misalnya disini saya pakai contoh transfer data akun dari ID Konami. Pada halaman yang muncul, kamu harus login dulu dengan cara klik "Users who Registered their Email....".

11. Setelah itu, masukkan ID Konami atau alamat e-mail beserta passwordnya. Kemudian klik Login.

12. Tunggu sampai proses transfer data selesai dilakukan. Jika berhasil, nantinya akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini. Klik Ok.

13. Pada pop up baru, klik Ok lagi. Lalu klik Kembali. Kamu bisa login ke akun PES kamu lagi.

14. Tunggu proses transfer data hingga selesai. Taraaa, game PES 2019 Android sudah berhasil dikembalikan dan siap dimainkan kembali. 

4. Uninstall PES 2019 Android dan Install lagi



Uninstall PES 2019 Mobile merupakan cara terakhir untuk mengatasi masalah tidak bisa masuk ke PES 2019 android. Cukup lakukan uninstall game PES 2019 android seperti biasanya, lalu install kembali. Pastikan kamu menggunakan koneksi Wifi, mengingat kapasitas game yang cukup besar yakni mencapai 1.4GB. 

Setelah diinstall ulang, kamu bisa melakukan transfer data akun PES 2019 android kembali. Sama seperti cara di atas, kamu harus sudah menautkan akun PES 2019 Android kamu ke Google Play atau ID Konami. 

Baca Juga :
Itulah tadi cara mengatasi game PES 2019 Android tidak bisa dibuka atau tidak bisa dijalankan. Ketahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu agar kamu bisa memilih langkah tepat untuk mengatasinya. Happy gaming guys!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel