-->

Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas Saat Main Game? Ini Penjelasannya!

LintasGames.com - Kenapa HP Xiaomi cepat panas dan boros baterai saat digunakan untuk main game? Ini mungkin juga selalu menjadi pertanyaanmu yang belum terpecahkan hingga kini. Permasalahan HP Xiaomi cepat panas memang sudah menjadi rahasia umum. Tidak hanya saat main game, tapi juga ketika digunakan untuk aktivitas lain seperti, internetan, menjalankan aplikasi ataupun aktivitas mobile lainnya.

Belum ada cara ampuh mengatasi HP Xiaomi cepat panas saat main game, kecuali hanya untuk meminimalkannya. Mungkin saja inilah yang menjadi alasan kenapa HP Xiaomi dijual dengan harga murah. Karena beberapa brand ternama seperti Samsung, sudah cukup baik dalam mengatasi permasalahan seperti ini. Apa yang menjadi penyebab HP Xiaomi cepat panas saat main game? dan bagaimana cara mengatasinya? Intip jawaban selengkapnya di bawah ini guys!
Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas Saat Main Game

Alasan Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Saat Main Game

Kenapa HP Xiaomi Cepat Panas

Ada banyak sekali penyebab HP Xiaomi cepat panas dan boros baterai, bisa karena sistem dari HP itu sendiri atau karena kelalaian pengguna. Di bawah ini sudah saya rangkumkan beberapa faktor yang menjadi alasan HP Xiaomi cepat panas terutama saat digunakan untuk main game. Brikut ulasan selengkapnya:

1. Main game dalam waktu yang lama

Alasan kenapa HP Xiaomi cepat panas saat main game yang pertama adalah karena waktu bermain game yang tidak wajar. Penggunaan HP Xiaomi secara terus-menerus sangat wajar membuatnya cepat panas dan lebih boros baterai. Ini karena HP tidak diberi waktu istirahat sedetikpun, membuat HP harus bekerja lebih keras dalam waktu cukup lama.

Sama halnya seperti manusia, jika tenaganya diforsir secara terus-menerus maka akan membuatnya kelelahan dan emosi berat. Alangkah baiknya untuk mengistirahatkan HP agar ia tidak cepat panas saat digunakan.

2.Kondisi sinyal yang kurang baik

Selain alasan di atas, kondisi sinyal yang terlalu lemah justru membuat HP Xiaomi lebih berkerja keras dalam mendapatkan koneksi terbaik. Hal ini semakin diperparah saat kamu memainkan game berat dengan grafis tinggi seperti, PUBG, PES 2019 Mobile atau yang lain sebagainya. 

Kinerja ponsel dalam mencari sinyal terbaik sudah pasti akan membuatnya cepat panas dan juga boros baterai. Sinyal yang lemah mungkin dikarenakan jangkauan sinyal provider di daerahmu yang masih belum merata. Sebaiknya ganti ke provider yang sinyalnya lebih kuat atau beralih ke koneksi Wifi.

3. Terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang

Saat main game, khususnya game online sebaiknya pastikan terlebih dahulu tidak ada aplikasi yang berjalan di background. Jika kondisi ini dibiarkan sudah pasti akan membuat HP Xiaomi bekerja dengan lebih keras. Efeknya akan membuatnya lebih cepat panas dan boros baterai. 

Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Contohnya seperti, Clean Master, Speed Booster, PowerClean dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Main game sambil dicharge

Alasan kenapa HP Xiami cepat panas dan boros baterai saat main game selanjutnya adalah jika kamu menggunakannya sambil ponsel dicharge. Menggunakan ponsel sambil dicharge akan membuat suhunya meningkat drastis. Apalagi saat kamu menggunakannya untuk main game, ini akan semakin membebani kinerja dari CPU dan juga GPU. Akibatnya suhu panas ponsel menjadi tak terkendali lagi.

Beberapa jenis baterai seperti Li-Ion dan Li-Po tidak cukup baik dalam menahan suhu panas. Jika suhu panas terlalu tinggi, ini akan memungkinkan bateari meledak seperti pada kasus-kasus sebelumnya.

5. Layar yang telalu cerah

Main game tentu kurang seru jika tidak dibarengi dengan sistem kecerahan layar yang optimal. Karena itulah kebanyakan pengguna akan mengatur kecerahan layar ke tingkat cukup tinggi guna untuk memanjakan mata. Tapi ternyata, mengatur kecerahan layar ke tingkat tertinggi akan membuat suhu HP meninggi. Selain itu, kondisi ini juga akan diikuti dengan pengurangan daya baterai yang cepat.

Sebaiknya hindari kebiasaan seperti ini agar HP Xiaomi tidak cepat panas saat digunakan untuk main game. Alternatif terbaik, sebaiknya kamu main game androi di ruangan yang tidak terlalu cerah. Bisa di dalam kamar atau paling tidak di dalam ruangan rumah.

6. Tidak menyalakan mode Power Saving

Alasan kenapa HP Xiaomi cepat panas saat main game selanjutnya adalah karena tidak dinyalakannya mode Power Saving di ponsel. Mode Power Saving sendiri sejatinya diciptakan untuk menghemat daya baterai di smartphone. Tetapi disamping itu juga membuat suhu ponsel tetap normal.

Jika mode Power Saving diaktifkan maka akan membuat beberapa fitur dinonaktifkan seperti, koneksi Wifi, Bluetooth, GPS, dan lain sebagainya. Mode ini juga akan menurunkan kecerahan layar serta menonaktifkan aplikasi di latar belakang. Untuk mengaktifkan mode Power Saving, kamu bisa menuju ke menu Setting >> Battery & performance >> Power >> Aktifkan Battery Saver.

7. Belum update MIUI ke versi terbaru

Update MIUI ditujukan untuk memperbaiki berbagai permasalahan yang terjadi di HP Xiaomi. Salah satunya untuk mengatasi HP Xiaomi cepat panas ketika main game. Selain itu, pembaruan MIUI Version juga berguna untuk memperbaiki bugs yang juga ikut menyumbang beban pada kinerja HP. Kinerja yang berat bisa membuat HP Xiaomi cepat panas.

Baca Juga: 
Itulah tadi beberapa alasan kenapa HP Xiaomi cepat panas saat main game perlu kamu tahu. Mengetahui beberapa hal di atas, jadi kamu bisa melakukan pencegahan agar HP Xiaomi tidka cepat panas lagi saat digunakan main game atau kegiatan lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel