-->

7 Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Tips Mudah Hemat Baterai – Mudik lebaran ketika di hari raya akan tiba memang menjadi sebuah tradisi tiap tahunya, hal ini terjadi biasanya tempat kerja berada di luar daerah tempat tinggal atau bisa jadi menjadi pelajar yang sedang kuliah di kota lain.

Salah satu kendala yang terjadi pada saat kamu mudik, biasanya baterai HP Android cepat habis padahal kamu harus menghematnya untuk bisa menghubungi keluarga nantinya. Nah bagi kalian yang mudik saat perjalanan pulang kerumah, dengan waktu tempuh yang lama. Disini akan membeberkan tips mudah hemat baterai HP Android, apa sajakah tips-nya? Yuk mari simak referensi dibawah ini.
7 Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

1. Hindari Aplikasi Penghemat Baterai

Hindari Aplikasi Penghemat Baterai
Pertama yang bisa kamu lakukan tips mudah menghemat baterai adalah buang aplikasi didalamnya, hindari aplikasi seperti penghemat daya baterai karena justru akan menjadi boros untuk smartphone kamu.

Untuk kegunaan aplikasi pemghemat daya baterai ini sebenarnya hanya berfungsi sebagai mengetahui beberapa fitur yang paling banyak menggunakan dayanya, dengan aplikasi ini kamu bisa menonaktifkan secara simple itu saja.

2. Non Aktifkan Pengaturan Sistem

Non Aktifkan Pengaturan Sistem
Beberapa fitur yang berada di pengaturan sistem ini memang perlu diperhatikan, kamu harus mengecek satu per satu fitur agar selalu di non aktifkan. Beberapa fitur tersebut seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi, Hotspot, dan bisa jadi paket seluler.

Jadi selalu pastikan untuk terus cek agar benar-benar tidak aktif, terkadang ada beberapa fitur yang aktif dengan sendirinya atau otomatis. Hal itu biasanya terjadi melacak keadaan seperti fitur pada GPS.

3. Hindari Sistem Getar pada HP

Hindari Sistem Getar pada HP
Biasanya fitur getaran pada smartphone ini dikususkan saat dalam kondisi bekerja atau rapat, hal ini bisa kamu rubah fitur getar tersebut ke pengaturan aslinya. Jadi aturlah untuk mengaktifkan fitur diam, dan hindarilah pemakaian getar yang dapat memakan banyak daya baterai.

4. Hindari Kecerahan Layar

Hindari Kecerahan Layar
Saat perjalanan jauh biasanya kamu bersantai di kendaraan, padahal smartphone jarang di gunakan tiba-tiba baterai cepat habis. Kendala seperti ini bisa kamu cek pada pengaturan tampilan layar, lihat pada kecerahan smartphone kamu apakah sudah dalam kondisi kecerahan standart. 

Jika layar smartphone kamu terlalu cerah, maka akan menghabiskan daya baterai untuk terus berkurang. Hal ini biasanya secara otomatis jika kamu berada di tempat gelap, maka kecerahan akan semakin nambah. Solusi terbaik aturlah dengan cara manual saja.

5. Gunakan Aplikasi Sewajarnya

Gunakan Aplikasi Sewajarnya
Menggunakan sebuah aplikasi di smartphone memang tidak terbatas, tapi hal ini harus diperhatikan setelah menggunakan aplikasi tutuplah langsung pada halaman tab. Jika hal ini dibiarkan maka baterai akan cepat habis, beberapa halaman yang muncul bisa kamu keluarkan dengan menekan tombol home untuk dinonaktifkan.

6. Delete Halaman Widget

Delete Halaman Widget
Merupakan tampilan halaman luar yang ada di smartphone, widget memerlukan kuota paket data. Sehingga kuota internet kamu terus berjalan dengan terus menerus, untuk mengatasinya cukup mudah lebih baik hapus widget yang sedang tampil agar kondisi baterai kamu bisa hemat.

7. Atur Waktu Kunci Layar

Atur Waktu Kunci Layar
Pengaturan otomatis penting sekali disini ketika smartphone sudah digunakan, sedangkan kamu lupa untuk mengunci manualnya. Jadi untuk mengatasi agar baterai kamu menjadi hemat saat mudik, aturlah penguncian layar HP sesuai dengan waktu pengaturan yang tersedia. 

Jadi disini kamu bisa memakai HP pada saat berkepentingan saja, agar tidak selalu dalam pemakaian terus menerus untuk smartphone. Dengan tips mudah tadi semoga kalian bisa menghemat baterai semakin tahan lama ya?

Itulah tadi beberapa 7 Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran, semoga referensi ini memberikan manfaat penting untuk kalian ketika sedang menghemat baterai dan selamat mengaplikasinya ya?


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel