-->

Cara Mengaktifkan Gaming Mode di HP Android, Xiaomi Hingga Oppo!

Cara Mengaktifkan Gaming Mode Android - HP Android menjadi salah satu perangkat gadget yang paling populer digunakan sekarang ini. Tidak hanya untuk alat komunikasi saja, melainkan bisa digunakan untuk banyak hal. Salah satunya yang paling banyak diminati adalah main game. Namun, main game di HP android kurang maksimal rasanya jika belum aktifkan gaming mode di HP android tersebut.

Fitur gaming mode ini sendiri hampir semua merek HP android sudah menyediakannya. Dengan memanfaatkan fitur mode game di android, maka akan membuat aktivitas main game semakin lancar dan nyaman tanpa gangguan. Performa game akan lebih dimaksimalkan, dimana kenyamanan pengguna dalam bermain game merupakan preoritas utama. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan gaming mode android tersebut? Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.
Cara Mengaktifkan Gaming Mode di HP Android

Cara Mengaktifkan Gaming Mode di HP Android Paling Mudah

Contents
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebagian besar vendor HP android sudah menyematkan fitur gaming mode pada setiap produknya. Namun biasanya fitur ini tidak diaktifkan secara default. Karena itulah, pengguna perlu melakukan pengaktifan sendiri terhadap fitur mode gaming tersebut. Namun, bagaimana jika HP android tidak memiliki fitur gaming mode? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan aplikasi gaming mode android untuk memaksimalkan aktivitas bermain game-mu.

Cara mengaktifkan gaming mode di Xiaomi

Xiaomi menjadi salah satu brand asal China yang terkenal dengan fitur-fiturnya yang canggih dan penuh inovasi. Guna untuk memanjakan para pecintanya, Xiaomi menyediakan fitur gaming mode pada setiap perangkatnya. Fitur game mode android tersebut tersedia pada HP Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 9 dan MIUI 10. Adapun cara aktifkan fitur gaming mode di HP Xiaomi, sebagai berikut:

1. Pertama kamu buka aplikasi Keamanan di HP Xiaomi, kemudian pilih menu Peningkat Kecepatan (icon stick game).

2. Slide layar ke kiri untuk lompat ke opsi terakhir, pada halaman tersebut kamu tinggal klik tombol Mulai.

3. Sampai disini fitur game mode sebenarnya sudah berhasil diaktifkan. Kamu tinggal melakukan pengaturan lanjutan agar fitur ini lebih maksimal dalam mengoptimalkan aktivitas main game. Game-game yang terinstall biasanya langsung terdeteksi dan berada dalam list game. Namun jika belum, kamu bisa menambahkan game dengan cara klik opsi Tambah Permainan.

4. Untuk melakukan pengaturan lanjutan, kamu bisa klik pada menu Setelan. Di halaman ini kamu bisa mengatur sendiri mana saja fitur yang ingin diaktifkan atau nonaktifkan guna untuk memaksimalkan aktivitas main game di HP Xiaomi.

Cara mengaktifkan fitur gaming mode di smartphone Xiaomi sudah berhasil dilakukan. Sekarang main game akan lebih lancar dan tanpa adanya gangguan pastinya.

Cara mengaktifkan gaming mode di Samsung

Samsung merupakan salah satu brand raksasa yang punya banyak sekali peminat. Berbagai tipe smartphone sudah diluncurkan oleh Samsung, mulai dari segmen low-end, mid-end hingga high-end atau flagship. HP Samsung juga terkenal dengan fitur-fiturnya yang canggih, salah satunya fitur untuk memaksimalkan game. Dalam hal ini Samsung menghadirkan tool khusus yakni Game Launcher. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Game Launcher di Samsung semua tipe? Lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.

2. Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Fitur Lanjutan. Setelah itu, klik kembali pada opsi Game. Disini kamu bisa mengaktifkan Game Launcher dan Game Tools dengan cara slide atau geser tombol ke kanan.

3. Sampai disini fitur gaming mode di smartphone Samsung sudah diaktifkan. Kamu tinggal melakukan pengaturan lanjutan agar lebih optimal saat main game. Caranya jalankan salah satu game yang sudah kamu install melalui Game Launcher. Disini saya menjalankan game PES 2019  sebagai contohnya.

4. Pada game tersebut, klik ikon  Game Tools yang menempel di tepi layar game.

5. Disini kamu bisa mengaktifkan beberapa fitur sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin main game dengan tenang tanpa gangguan notifikasi yang muncul, kamu tinggal aktifkan Tanpa Peringatan di Game dengan cara slide ke kanan.

Fitur gaming mode di smartphone Samsung sudah diaktifkan, dan kamu bisa main game dengan lancar tanpa gangguan. Melalui fitur Game Tools ini kamu juga bisa melakukan banyak hal, seperti mengambil screenshot, merekam layar, dan masih banyak lagi.

Cara mengaktifkan gaming mode di Oppo

Cara mengaktifkan gaming mode di Oppo

Sama seperti merek HP android lainnya, Oppo juga menyematkan fitur gaming mode pada setiap produk besutannya. Fitur gaming mode di smartphone Oppo tersebut diberi nama Game Acceleration, mirip seperti Game Launcher di HP Samsung. Fitur ini sudah tersedia di tipe Oppo F5, F7, F9, dan lainnya.

Namun, untuk HP keluaran terbaru seperti Oppo A3s misalnya fitur ini sudah dihapus. Fitur game mode yang dihadirkan berganti nama menjadi Game Space. Fungsinya hampir sama, namun fitur yang dibawanya lebih lengkap. Kalau pada Game Acceleration hanya bisa untuk game-game tertentu, Game Space sudah support dengan segala jenis game. Bahkan bukan hanya game saja, melainkan juga jenis aplikasi lainnya.

Fitur Game Space ini secara otomatis sudah aktif dan bisa langsung digunakan di HP OPPO. Game game yang terinstall di HP Oppo akan dimasukkan secara otomatis ke dalam fitur tersebut. Namun, sebelumnya kamu perlu mengaktifkan mode Add Game Autmatically di dalam fitur tersebut. Namun jika kamu ingin menambahkan game secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Game Space yang ada di halaman menu smartphone.
  2. Setelah itu, klik icon Tambahkan (+) yang ada di Game Space.
  3. Selanjutnya pilih game yang ingin ditambahkan dengan cara slide atau geser ke kanan.
  4. Jika sudah, klik tombol Add untuk menambahkan game ke Game Space.
  5. Selesai. Game-game yang kamu pilih sudah berhasil ditambahkan ke dalam Game Space.

Cara mengaktifkan gaming mode di Vivo

Cara mengaktifkan gaming mode di Vivo

Beda lagi dengan fitur gaming mode di smartphone Vivo, kamu bisa mengoptimalkan berbagai game melalui fitur yang bernama Game Mode 5.0. Fitur ini sudah tersedia pada HP keluaran terbaru Vivo yakni Vivo V15. Mengaktifkan Game Mode 5.0 di Vivo V15, kamu bisa melakukan berbagai pengaturan saat menjalankan game.

Di dalam Game Mode 5.0 ini punya beberapa fitur penting untuk memaksimalkan aktivitas main game. Fitur-fitur tersebut, antara lain:
  1. Background Calls. Fitur ini memungkinkan panggilan yang masuk tetap berada di background dan mode hands free akan diaktifkan.
  2. Reject. Fitur Reject berfungsi untuk menolak panggilan dari nomor yang tidak dimasukkan ke dalam daftar Allow Some Calls.
  3. Block Notifications. Fitur satu ini berfungsi untuk melakukan blocking pada notifikasi yang biasanya muncul secara floating di layar. Dengan begitu main game tidak akan lagi terganggu.
  4. Off-Screen Autoplay. Ketika layar mati, game akan tetap bisa berjalan di latar belakang jika fitur ini kamu aktifkan.
  5. Esport Mode. Fitur ini berguna untuk memaksimalkan kinerja HP saat menjalankan game dengan cara mematikan notifikasi yang berjalan di latar belakang.
  6. Dual-Turbo Engine. Fitur ini akan memaksimalkan kinerja HP saat main game online dan membuat permainan tetap halus. Ini berkat kombinasi antara Vivo Game Acceleration Engine dan System Acceleration Engine.
  7. Competition Mode. Fitur satu ini membantu mengoptimalkan kinerja HP saat main game multiplayer. Didukung dengan AI Games yang mengalokasikan kapasitas RAM, CPU dan baterai. 
Fitur-fitur di atas bisa kamu rasakan jika sudah mengaktifkan Game Mode 5.0 di Vivo V15. Untuk cara aktifkan Game Mode 5.0 di Vivo V15 tersebut, kamu tinggal masuk ke menu Control Center dan buka Game Cube. Masukkan atau daftarkan game-game yang diinginkan kemudian lakukan pengaturan tambahan pada setiap game. Tidak hanya game saja, semua jenis aplikasi juga bisa dioptimalkan dengan fitur satu ini.

Cara mengaktifkan gaming mode di semua tipe HP android

Untuk HP android yang belum dilengkapi dengan fitur gaming mode, tidak perlu khwatir. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi gaming mode yang bisa diinstall secara gratis melalui Google Play Store. Untuk langkah-langkah penggunaannya bisa di simak di bawah ini.
Cara mengaktifkan gaming mode di semua tipe HP android

  1. Pertama kamu perlu mengunduh dan install aplikasi bernama Gaming Mode – The Ultimate Game Experience Booster. Setelah itu, jalankan seperti biasa. 
  2.  Pada halaman utama, kamu klik pada menu Setting lalu pilih Global Setting untuk melakukan pengaturan secara global atau menyeluruh.
  3. beberapa fitur bisa kamu aktifkan, yang pertama adalah fitur Notification Blocking yang mana berfungsi untuk memblokir semua notifikasi yang masuk. Aktifkan juga fitur Auto Reject Calls untuk menolak semua panggilan yang masuk. Fitur Auto Brightness juga bisa diaktifkan untuk membuat layar tetap hidup selama permainan. Dan juga aktifkan fitur Clear Background Apps untuk membersihkan dan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  4. Jika sudah, selanjutnya kamu bisa memasukkan game yang ingin dioptimalkan saat dijalankan nanti. Caranya klik tanda plus (+) dan pilih game ataupun aplikasi yang ingin dimasukkan dalam list.
  5. Selesai.
Itulah tadi beberapa cara mengaktifkan gaming mode di semua merek HP android yang bisa kamu terapkan. Mengaktifkan mode gaming android akan membuat performa HP tetap lancar dan maksimal saat main game. Segala gangguan seperti notifikasi masuk, panggilan masuk atau yang lainnya tidak akan lagi mengganggumu saat main game.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel