-->

3 Cara Memakai Joystick di Android Tanpa Root dan Akses Root

Cara memakai joystick di android – Perkembangan teknologi terasa sangat pesat hingga saat ini. Telah banyak hadir teknologi mengusung inovasi terbaru yang bisa kita temukan sekarang ini, misalnya saja smartphone. Beberapa tahun belakangan ini smartphone menjadi momok pembicaraan bagi banyak orang di seluruh dunia. Smartphone memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari sebagai alat komunikasi, sarana mencari informasi, bisnis, bersosial media atau hanya sekedar main game.

Dari kegunaannya yang banyak tersebut, kalian pasti setuju kalau main game adalah aktivitas main smartphone yang paling menyenangkan. Apalagi sekarang ini sudah hadir banyak sekali game mobile yang siap dimainkan. Terlebih lagi ada beberapa alat pendukung untuk main game di smartphone, misalnya joystick atau gamepad. 

Joystick dulunya memang hanya bisa digunakan pada konsol atau komputer saja, tapi sekarang juga bisa digunakan pada smartphone android. Meskipun untuk menggunakannya kita butuh sedikit pengaturan agar keduanya terhubung. Jika kalian masih bingung, di bawah ini sudah LintasGames.com rangkumkan cara memakai joystick di android paling mudah. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

3 Cara Memakai Joystick di Android Tanpa Root dan Akses Root

Cara memakai joystick di android

Untuk cara memakai joystick di android sendiri setidaknya ada 3 cara yang bisa kalian pilih. Sebelum memilih, perlu kalian siapkan terlebih dahulu beberapa alatnya. Pastikan juga smartphone androidmu sudah support dengan kabel OTG, karena inilah yang menjadi penghubungnya nanti. 

Cara memakai joystick di android tanpa root #1

Cara memakai joystick di android tanpa root #1

Untuk cara yang pertama ini terbilang yang paling mudah dan aman tentunya. Kamu tidak perlu melakukan root pada smartphone, sehingga keamanannya tetap terjaga. Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu beberapa alatnya, antara lain: 

  • Smartphone yang support dengan kontroler
  • Kabel OTG. 
  • Joystick atau kontroler universal. Bisa joystick PS, Xbox atau yang lainnya. Yang penting joystick tersebut memiliki adapter USB. 
  • Aplikasi Octopus > Link Disini

Selanjutnya adalah langkah-langkah menghubungkan joystick dengan smartphone android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi Octopus di smartphone kamu, kemudian jalankan. 
  2. Jangan lupa juga untuk mencolokkan joystick dengan smartphone android melalui perantara kabel OTG. Pastikan kontroler sudah terdetek oleh aplikasi di smartphone.
  3. Masukkan game yang ingin dimainkan dengan cara klik “Add Game”. 
  4. Buka game yang ingin kamu mainkan, dan nanti akan muncul logo octopus yang terselip ditepi layar android. 
  5. Lakukan beberapa pengaturan sederhana agar penggunaan kontroler lebih sempurna. 
  6. Mainkan sekarang gamenya dengan kontroler berupa joystick atau gamepad. 

Cara memakai joystick di android tanpa akses root #2

Cara memakai joystick di android tanpa akses root #2

Selain cara di atas, masih ada satu lagi cara menggunakan joystick di android yang tidak memerlukan akses root. Kali ini bukan menggunakan aplikasi octopus, tapi menggunakan aplikasi USB joystick. Carnya juga tidak terlalu sulit, hanya butuh beberapa step saja untuk menghubungkan joystick dengan android. Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu beberapa alat berikut ini: 

  • Smartphone android yang support kabel OTG
  • Kabel OTG
  • Joystick (Disini saya menggunakan stick PS3)
  • Aplikasi USB Joystick > Link Unduhan

Setelah beberapa alat di atas disiapkan, selanjutnya adalah langkah-langkah menghubungkan joystick PS3 ke joystick. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

  1. Langkah pertama yaitu menjalankan aplikasi USB joystick di smartphone android. 
  2. Setelah aplikasi terbuka, langsung saja aktifkan keyboard USB/BT dengan cara klik IMF/OFF. Jangan lupa untuk menghubungkan joystick ke android melalui kabel OTG dan adapter USB. 
  3. Tekan kembali IMF/OFF, lalu ganti keyboard USB/BT menjadi USBJoyFreeIME. 
  4. Beirkutnya klik pada “Search Norm”, kamudian pilih “OK”. 
  5. Selanjutnya tekan kontrolernya dan nanti kamu akan diarahkan untuk melakukan Mapping Key. 
  6. Cobalah untuk menekan satu per satu tombol yang ada di joystick, apakah berfungsisemua atau tidak. Jika sudah berfungsi, itu artinya kamu siap memainkan game apapun di smartphone android dengan kontroler joystick. 

Cara memakai joystick di android dengan akses root

Cara memakai joystick di android dengan akses root

Akses akan membuat pengguna bisa dengan bebas melakukan apapun pada smartphone. Selain itu, penguna juga berkesempatan merasakan fitur-fitur spesial yang pastinya tidak bisa dirasakan pada smartphone yang belum di root. Termasuk juga dalam penggunaan joystick saat main game di smartphone.

Ini juga bisa menjadi cara mudah untuk memainkan semua game menggunakan joystick. Namun perlu kamu pikirkan lagi, karena ini mengharuskanmu melakukan root pada smartohone. Siapkan terlebih dahulu beberapa alat berikut ini: 

  • Android yang support kabel OTG
  • Joystick (stick PS, Xbox, atau yang lainnya)
  • Kabel OTG
  • Aplikasi Tincore Keymapper > Link Disini

Setelah siap semua alat-alatnya, lanjut ke cara menggunakan joystick di android dengan akses root. Berikut ini langkah-langkahnya: 

  1. Hubungkan joystick ke smartphone android melalui kabel OTG yang sudah disiapkan tadi. 
  2. Install aplikasi Tincore Keymapper, lalu jalankan aplikasi tersebut. 
  3. Karena ini baru pertama kali, maka kamu perlu klik pada opsi “New”. 
  4. Profil tersebut bisa kamu beri nama menyesuaikan dengan nama game yang akan dimainkan. Jika sudah, klik “Accept”.
  5. Setelah selesai, cobalah untuk membuka game yang ingin dimainkan. Pada tampilan atas atau bawah layar nantinya akan muncul beberapa opsi icon dari aplikasi Tincore Keymapper. 
  6. Lakukan pengaturan tombol dengan cara klik pada icon yang mirip angka “4” dan pilih KTM. Atur tombol joystick sesuai yang kamu inginkan. 
  7. Sekarang kamu sudah siap untuk memainkan game android dengan joystick.

Itulah tadi beberapa cara memakai joystick di android tanpa root dan akses root bisa kamu terapkan sendiri. Main game menggunakan joystick memang jauh lebih seru dan kontrolnya pun lebih mudah. Selamat mencoba, guys!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel