3 Cara Main Game Android di PC Tanpa Software Emulator
3 Cara Main Game Android di PC Tanpa Software Emulator

3 Cara Main Game Android di PC Tanpa Software Emulator

Cara main game android di PC tanpa software – Game android sejatinya hanya bisa dijalankan diperangkat android saja, tidak bisa dijalankan di konsol ataupun PC.

Cara main game android di PC tanpa software – Game android sejatinya hanya bisa dijalankan diperangkat android saja, tidak bisa dijalankan di konsol ataupun PC. Tapi karena perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat hal tersebut kini bukan mustahil lagi. Berbagai game seru di android bisa coba kamu mainkan di PC atau komputer. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan emulator android. Beberapa emulator android yang cukup populer digunakan seperti, Bluestacks, NoxPlayer, MeMu, Droid4X, AMIDuOS dan lain sebagainya. 

Tapi sayangnya, menggunakan emulator hanya membuat kinerja komputer atau laptop melambat. Meskipun hal tersebut tidak akan terasa jika dijalankan di PC atau laptop berspesifikasi gahar. Untuk PC atau laptop standar, sebaiknya urungkan niat menggunakan emulator. Lantas, apa ada cara lain untuk bisa main game android di PC tanpa emulator? Tentu ada, berikut ini adalah 3 cara main game android di PC tanpa sofware emulator bisa kamu terapkan. 

3 Cara Main Game Android di PC Tanpa Software Emulator

Cara main game android di PC tanpa software

Mungkin sebagian dari kamu berpikir tidak ada cara main game android di PC tanpa emulator yang bisa dilakukan. Tapi ternyata hal tersebut tidak benar, kita masih bisa menggunakan dual boot, virtual machine atau juga program extension di Google Chrome untuk menikmati permainan game seru di PC atau laptop. 

Cara main game android di PC dengan dual boot

Cara main game android di PC dengan dual boot

Seperti yang kita tahu, menjalankan emulator di PC atau laptop akan memakan banyak ruang di memori. Sehingga PC atau laptop yang berspesifikasi standar akan sering mengalami lag atau bahka hang. Masalah tersebut tidak akan kamu rasakan jika menggunakan dual boot di PC atau laptop. Dengan dual boot berarti kamu menggunakan dua booting di PC atau laptop, yakni OS Windows dan juga OS Android. 

Ya, selain diinstall OS Windows, PC atau laptop ternyata bisa diinstall OS Android. Dengan begitu, kamu bisa dengan bebas menginstall game atau aplikasi android apapun pada boot Android, tanpa harus kehilangan OS Windowsnya. Tapi memang cara ini bisa dibilang cukup ribet. Ketika akan melakukan pekerjaan kantor atau multmedia anda harus booting ke Windows, tapi jika ingin main game maka harus booting ke OS Androidnya. Tidak seperti menggunakan emulator yang bisa digunakan secara instan. 

Ada beberapa pilihan OS android yang bisa kamu gunakan untuk diinstall di PC atau laptop, seperti: 
  • Phoenix OS, bisa kamu unduh di alamat resminya >> http://www.phoenixos.com/
  • Remix OS, bisa kamu unduh di alamat resminya >> http://youxi.jide.com/
  • Android X86, bisa kamu unduh di alamat >> http://www.android-x86.org/
Cara main game android tanpa emulator sekarang bukan menjadi hal yang mustahil lagi, bukan? Jadikan PC atau laptop kamu dual boot dengan memilih salah satu dari OS android di atas. 

Cara main game android di PC dengan virtual machine

Cara main game android di PC dengan virtual machine

Kalau tadi kita menggunakan dual boot, beda lagi dengan cara main game android di PC tanpa software emulator satu ini. Ya, kamu bisa meggunakan yang namanya virtual machine. Konsepnya hampir sama dengan dual boot, namun virtual machine lebih mirip seperti PC virtual yang tersembunyi di PC fisik. Jadi, bisa dibilang PC atau laptop kamu akan terbagi menjadi dua, meskipun sejatinya secara fisik tetap satu. Agak bingung menjelaskannya, ya semoga saja kalian mengerti. 

Misalnya saja PC atau laptop memiliki prosesor 4 core, RAM 4GB, dan HDD 500GB, maka koputer virtual akan mengambil dari sebagian kapasitas tersebut dengan rincian prosesor 2 core, RAM 2GB, dan HDD200GB. Untuk pembagiannya ini bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan, jadi gk otomatis guys. 

Untuk bisa membuat komputer virtual di dalam satu komputer atau laptop, kamu tentunya masih memerlukan tambahan software. Setidaknya ada 2 software terbaik yang bisa digunakan untuk membuat virtual machine yakni VirtualBox dan juga VMWare. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan VirtualBox, dengan alasan cara penggunaan yang mudah dan ringan. 
  • Unduh software VirtualBox di alamat >> https://www.virtualbox.org/
  • Unduh software VMWare di amata >> https://www.vmware.com/
Pada virtual machine ini sendiri kamu bisa dengan bebas menginstall OS apapun, mulai dari Windows, Linux ataupun juga OS Android. Cara penggunaanya juga cukup mudah, tidak seperti menggunakan dual boot. 

Cara main game android di PC dengan Chrome Extension

Cara main game android di PC dengan virtual machine

Selain cara diatas, masih ada satu lagi cara main game android di PC tanpa sofware emulator, yakni dengan memanfaatkan Chrome Extension. Mungkin sebagian dari kalian masih terlalu asing dengan Chrome Extention. Tapi sejatinya fitur ini sudah ada sejak lama di Google Chrome, meskipun masih cukup jarang digunakan. 
  1. Untuk bisa main game android di laptop tanpa emulator, kamu perlu yang namanya ARC Welder Extension. Sebelumnya kamu harus menginstall Google Chrome versi terbaru, lalu klik link berikut >> Unduh ARC Welder
  2. Setelah terbuka halamannya, langsung klik “Add to Crhome” yang ada di pojok kanan atas tampilan. 
  3. Jika sudah ditambahkan, langsung saja klik pada “Launcher App” dan pilih ARC Welder yang sudah ditambahkan tadi. 
  4. Setelah itu, kamu tambahkan apk game dengan klik “add your apk”.  Sebelumnya kamu harus mengunduh terlebih dahulu file apk game yang ingin dimainkan. Bisa melalui situs Uptodown.com atau apkpure.com. 
  5. Setela ditambahkan file apk-nya, kemudian klik  Launcher App dan game siap dimainkan. 
Cukup mudah bukan cara main game android di PC tanpa sofware emulator di atas? Terapkan salah satu caranya dan rasakan bermain game android di PC yang seru tanpa lag atau ngadat meski main di PC berspesifikasi rendah. Selamat mencoba, guys!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Saya suka game, karena itulah saya membuat website yang khusus memuat tentang game ini. Meski begitu nge-game bukanlah sumber penghasilan, hanya sebuah hobi belaka.
Previous
This Is The Oldest Page