-->

Cara Main Game PS3 di PC atau Laptop Lancar dengan Emulator

Cara Main game PS 3 di PC – PS atau PlayStasion menjadi salah satu konsol game yang paling populer hingga saat ini. Meski eksistensinya kini dibayang-bayangi oleh patform game lain, tapi Playstation tetap memiliki peminatnya sendiri. Terlebih lagi Playstation selalu melakukan upgrade baru, baik dari segi platform ataupun game-nya. Dari beberapa seri PS yang hadir hingga saat ini, Playstationa 3 atau PS3 bisa dibilang yang paling sukses. Banyak yang bilang seri ini adalah yang paling sempurna, meski sekarang ini sudah ada PS4 dan PS5 yang masih rumor.

Ketertarikan gamer terhadap PS3 karena game-gamenya yang sangat seru. Banyak gamer yang dibuat ketagihan ketika memainkan game dari PS3. Karena kepopulerannya tersebut, banyak pula pecinta game PC yang ingin memainkan game PS3 di PC atau laptopnya. Bukan perkara yang sulit, karena ada emulator yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkannya. Jika masih bingung, berikut ini adalah cara main game PS3 di PC tanpa lag yang bisa kamu terapkan.
Cara Main Game PS3 di PC

Cara Main Game PS3 di PC atau Laptop Lancar dengan Emulator

Contents
Dengan emulator kita bisa dengan mudah menerapkan cara main game PS3 di PC atau laptop. Namun demikian, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu persiapkan. Misalnya masalah spesifkasi dari laptop atau PC yang ingin digunakan. Selain itu, perlu juga beberapa software untuk menunjang cara satu ini.

Rekomedasi spesifikasi PC atau Laptop untuk main game PS3

  • Sistem operasi : Minimal Windows 7 (64-bit) atau Linux 64-bit
  • CPU atau Prosesor : Minimal X86 dan sudah support SSSE3
  • RAM : Minimal 4GB (8GB recommeded)
  • GPU atau kartu grafis : GPU support OpenGL 4.3, DirectX 12 dan Vulkan
Laptop atau PC yang ingin digunakan untuk main game PS3 minimal sudah memiliki spesifikasi seper yang tertera di atas. Tentu spesifikasi yang lebih tinggi sangat direkomendasikan agar saat digunakan tidak terjadi lag. Main game PS3 akan semakin seru dan menyenangkan tanpa terjadinya ngadat, bukan?

Software yang dibutuhkan

Selain hardware PC atau laptop, beberapa software juga diperlukan untuk menerapkan cara main game PS3 di PC. Hardware tersebut meliputi emulator, game asli yang sudah di Rip dan juga LEE Modules. Ketiganya bisa kamu unduh melalui alamat atau link yang sudah tersedia.
  • Emulator RPCS3 https://rpcs3.net/
  • LLE Modules
  • Rip Game PS3 (bisa dipilih sesuai keinginan)

Langkah-langkah Instalasi dan pengoperasian emulator

Setelah hardware dan juga software sudah dipersiapkan di PC atau laptop, selanjutnya adalah penerapan cara pengoperasian. Cara main PS3 di laptop ini sangat mudah, bahkan juga sangat ramah bagi pemula. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:
  • Setelah pengunduhan aplikasi selesai, selanjutnya install aplikasi emulator RPCS3 di PC atau laptop. Tidak terlalu sulit untuk melakukan instalasi emulator tersebut. Ukurannya tidak terlalu besar kok, guys. 
  • Selanjutnya kamu ekstrak hasil unduhan LLE Modules dan cari folder yang bernama “dev_flash”.  Copy folder tersebut lalu pastekan pada folder RPCS3. Jika masih bingung, kamu bisa melihatnya pada gambar di bawah ini. 
  • Langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi RPCS3 yang sudah kamu install tadi. Setelah terbuka, lakukan klik pada menu “Config”. Nantinya akan muncul pop up baru yang berisi setting atau configurasi. 
  • Pada menu “Core” lakukan centang pada opsi librtc.prx, libresc.prx, libspurs_jq.prx dan juga libsre.prx. Hanya keempat opsi itu saja, jangan lakukan centang pada opsi lainnya. 
  • Selain itu, klik juga pada menu “Graphic” untuk memilih VGA atau kartu grafis yang ingin digunakan. Pada tampilan tersebut, fokuskan pada kolom “D3D Adapter” dan pilih sesuai keinginan. Kemudian klik “OK” untuk menyimpan configurasi. 
  • Berikutnya siapkan game PS3 yang ingin dimainkan di PC atau laptop. Game PS3 asli terlebih dahulu harus kamu lakukan Rip. Kemudian hasil Rip tersebut kamu letakkan pada sebuah folder baru. 
  • Pada aplikasi RPCS3, klik pada menu “Boot” lalu klik “Boot Game”. Letak dari menu tersebut berada di pojok kiri atas tampilan. 
  • Cari folder yang berisi Rip game PS3 yang kamu simpan tadi. Selanjutnyakan klik “Select Game”. 
  • Secara otomatis aplikasi RPCS3 akan melakukan “Boot”. Tunggu proses Boot hingga selesai dan game siap untuk dimainkan. 
Cukup mudah bukan cara main game PS3 di PC tanpa lag dengan emulator RPCS3 di atas? Lakukan langkah-langkahnya dengan benar agar game bisa berjalan lancar di PC atau laptop. Jika terjadi beberapa masalah, seperti layar hitam, terjadi lag, atau yang lainnya, bisa jadi karena kesalahan dalam instalasi atau PC dan laptop kamu yang kurang memadai. Pastikan spesifikasi laptop atau PC sudah memenuhi persyaratan di atas. Selamat mencoba, guys!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel