-->

Cara Merekam Game Tanpa Aplikasi di HP Android (No Root)

Cara Merekam Game Tanpa Aplikasi - Main game di HP android menjadi salah satu aktivitas bermobile yang paling menyenangkan. Bahkan hampir semua pengguna android khususnya pasti menyempatkan waktu untuk sekedar bermain game. Main game di HP android juga bisa menjadi obat paling mujarab untuk menghilangkan rasa bosan dan suntuk. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis dan genre game android yang bisa dimainin secara gratis pastinya. 

Namun terkadang, saat main sebuah game mobile kita berpikir untuk merekam permainan game dan menjadikannya sebuah video. Entah itu dibuat untuk mengamati strategi, menguploudnya di channel Youtube atau membagikannya di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Sebenarnya tidak sulit untuk merekam layar saat main game di android, tetapi langkah tersebut umumnya membutuhkan aplikasi tambahan. Tenang saja, ada kok cara rekam game android tanpa aplikasi bahkan tanpa root juga. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini!
Cara Merekam Game Tanpa Aplikasi di HP Android (No Root)
Cara Merekam Game Tanpa Aplikasi di HP Android (No Root)

Cara Merekam Game Android Tanpa Aplikasi dan Tanpa Watermark


Untuk merekam layar di HP android umumnya memang membutuhkan aplikasi screen recorder. Tetapi, sayangnya penggunaan aplikasi rekam layar android ini cukup berat dijalankan, apalagi di HP android berspesifikasi standar. 

Belum lagi untuk versi gratis umumnya hasil rekaman tidak begitu jernih. Yang lebih parahnya lagi, biasanya di hasil rekaman terdapat watermark dari aplikasi tersebut. Jika pun ingin menghilangkannya, kita harus membeli versi berbayarnya. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebenarnya masih ada cara merekam layar game android tanpa aplikasi dan tanpa root yang bisa kamu coba. Di sini kita hanya perlu memanfaat fitur bawaan dari  HP android. Setidaknya ada 3 cara rekam game tanpa aplikasi bisa kamu terapkan, di antaranya: 

1. Menggunakan Fitur Game Tools


Beberapa brand smartphone menyematkan fitur-fitur keren untuk memudahkan pengguna saat mengoperasikan smartphonenya. Salah satu fitur tersebut adalah Game launcher, di mana fitur ini dibuat khusus untuk memonitor aktivitas gaming di smartphone. Fitur satu ini tersedia pada HP Samsung keluaran terbaru, mulai dari keluarga Galaxy J Pro, Galaxy A, dan lain sebagainya. 

Selain Game Launcher, terdapat pula fitur Game Tools yang berfungsi untuk memaksimalkan kegiatan bermain game. Di dalamnya terdapat beberapa opsi seperti, memblokir notifikasi dan panggilan, menghilangkan tombol, kunci layar otomatis, hemat daya saat dikunci, screenshot hingga merekam layar atau screen recorder. Untuk opsi terakhir inilah yang bisa kamu gunakan untuk rekam layar game android. Langkah-langkah menggunakannya sendiri cukup mudah, yakni: 
  • Sebelum membuka game, sebaiknya pastikan terlebih dahulu fitur Game Tools sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkannya bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Fitur Lanjutan >> Slide atau geser ke kanan pada tombol yang ada di sebelah kanan opsi Game Tools
  • Jika sudah, langsung saja jalankan game yang ingin kamu rekam permainannya. 
  • Untuk mulai merekam, kamu klik ikon Game Tools yang berada di tepian layar. Nanti akan muncul beberapa opsi Game Tools seperti yang disebutkan di atas. 
  • Sebelum merekam, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan kualitas rekamannya dengan cara klik ikon Pengaturan (seperti gear) yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya klik opsi Rekam, kemudian lakukan beberapa pengaturan seperti format video, sumber audio, resolusi, hingga bitrate rekaman. Jika sudah, kembali ke game tadi. 
  • Sekarang mulailah untuk merekam, caranya klik tombol Rekam yang ada di bagian pojok bawah Game Tools. 
  • Jika kamu sudah rasa sudah cukup, untuk menghentikan rekaman layar kamu bisa usap layar dari atas ke bawah, lalu klik notif Game Tools. Secara otomatis hasil rekaman layar permainan game akan tersimpan di galeri HP. 

Mudah bukan, cara merekam layar game tanpa aplikasi di HP android di atas? Perlu diingat, fitur Game Tools yang saya jelaskan di atas hanya ada pada HP Samsung saja. Untuk merek HP lain mungkin juga ada, mengingat persaingan HP dari berbagai brand sekarang ini semakin ketat. 

2. Menggunakan Google Play Game


Khusus bagi kalian yang bukan merupakan pengguna HP Samsung, masih bisa kok melakukan rekaman game tanpa bantuan aplikasi tambahan serta tanpa watermark. Caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bloatware alias aplikasi bawaan android yakni Google Play Game. 

Aplikasi ini memang tersedia secara otomatis di HP android sehingga tidak lagi melakukan instalasi secara manual. Untuk bisa memainkan game di Google Play Game, pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google pribadimu. Jika sudah, berikut ini langkah-langkah merekam game di android dengan Google Play Game, yakni: 
  • Langkah pertama kamu buka aplikasi Google Play Game di HP androidmu. 
  • Pada menu Beranda, kamu klik logo game yang ingin kamu mainkan dan rekam (jangan langsung menekan tombol Mainkan). 
  • Misalnya di sini saya coba main game The Catapult 2. Pada tampilan yang muncul, klik icon Kamera yang ada di sebelah pojok kanan atas. 
  • Kemudian kamu tentukan kualitas hasil video rekaman, lalu klik tombol Berikutnya. Konfirmasi lagi dengan klik Lucurkan
  • Secara otomatis HP aka mulai membuka game The Catapult 2. Jika ingin mulai merekam, klik tanda lingkaran merah yang ada di bagian bawah. Di sini memang ada beberapa opsi yakni rekam audio eksternal, rekam kamera depan, dan tombol untuk merekam dan menghentikannya
  • Jika dirasa sudah selesai untuk merekam, stop rekaman dengan cara klik tombol kotak berwarna merah. Secara otomatis hasil rekaman video game tersimpan di galeri HP. 

Oh ya, sekedar informasi fitur rekam layar dari Google Play Game ini tidak hanya bisa merekam permainan game saja. Melainkan juga bisa merekam layar di luar permainan alias game. Jadi, kamu yang ingin membuat turial di android, bisa juga dengan memanfaatkan Google Play Game ini. Cara merekam layar android tanpa aplikasi lebih mudah dengan menggunakan Google Play Game ini. 

Itulah tadi 2 cara merekam layar game android tanpa aplikasi dan juga tanpa watermark. Sekarang kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk sekedar merekam layar HP saat main game atau membuat tutorial android. 

Baca Juga: 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel