-->

Cara Mengatasi PES Mobile Tidak Bisa Login / Masuk

Cara Mengatasi PES Mobile Tidak Bisa Dibuka - Game PES Mobile merupakan game sepak bola paling populer sekarang ini. Saya pribadi merupakan penggemar sejati dari game yang dibesut oleh KONAMI, developer asal Jepang ini. Menurut saya PES Mobile jauh lebih bagus dibandingkan game FIFA Mobile miliknya EA Sports, baik dari segi gameplay, grafis dan elemen game lainnya. Meskipun untuk masalah lisensi klub, FIFA Mobile jauh lebih unggul. Pada bulan Oktober 2019 ini, KONAMI mengklaim akan merilis e-Football PES 2020 Mobile.

Kembali ke pembahasan pokok, beberapa waktu lalu saya mengalami masalah dengan game PES 2019 Mobile. Entah disebabkan oleh apa, saat akan membuka game tersebut tiba-tiba game keluar sendiri. Game PES Mobile tersebut hanya bisa tampil sampai cover saja (foto Coutinho) dan tidak bisa lanjut ke dalam game. Segala cara sudah saya lakukan untuk mengatasi masalah ini, dan akhirnya game PES Mobile pun bisa saya mainkan kembali. Bagaimana cara saya mengatasi PES Mobile tidak bisa masuk atau login tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!
Cara Mengatasi PES Mobile Tidak Bisa Login / Masuk

Cara Mengatasi PES Mobile Tidak Bisa Login / Masuk

PES Mobile Force Close / Stopped Working
PES Mobile Force Close / Stopped Working

Sekedar informasi, saya memainkan game PES 2019 Mobile di HP Samsung J3 Pro 2017 yang sudah diupgrade ke OS Android 9.0 Pie. Masalah ini memang terjadi ketika saya baru saja melakukan upgrade OS Android ke Android 9 Pie. Dugaan awal adalah disebabkan oleh OS Android yang sudah diupgrade tersebut. Adapun cara mengatasi game PES Mobile tidak bisa dibuka, di antaranya:

1. Melakukan restart HP android

Cara pertama saya melakukan restart HP, berharap saat sudah direstart game PES 2019 Mobile sudah bisa berjalan normal kembali. Tetapi apa hasil yang saya dapat? Game PES Mobile di HP saya tetap tidak bisa dibuka. Saat sudah sampai di tampilan cover, game tidak bisa melanjutkannya, justru langsung keluar.  

Catatan: Melakukan restart HP android akan menghapus file cache dan sampah yang umumnya menyebabkan error pada aplikasi dan game. 


2. Menghapus file cache dan data PES Mobile

Karena dengan cara restart HP tidak bisa mengatasi PES Mobile yang keluar sendiri, maka saya lanjut ke cara kedua yakni menghapus cache dan data game. Game PES Mobile force close atau stopped working bisa juga disebabkan oleh file cache dan data yang menumpuk. Karena itulah saya melakukan cara ini. Jika masih belum tahu, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka menu Pengaturan HP.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik game PES Mobile.
  • Klik opsi Penyimpanan, kemudian lanjut dengan klik Hapus memori dan Hapus data.
  • Kemudian saya melakukan restart kembali.
Seudah melakukan cara tersebut, saya coba buka kembali game PES Mobile. Agar lebih maksimal, saya coba Clear Cache di game tersebut saat muncul gambar cover Coutinho. Tetapi ternyata cara ini tidak cukup ampuh mengatasi PES 2019 Mobile error tersebut.

Catatan: Menghapus cache umumnya bisa mengatasi berbagai masalah atau error pada aplikasi dan game. Sementara untuk menghapus data, biasanya akan mengatasi aplikasi corrupt. Selain itu, menghapus data aplikasi atau game akan mengembalikannya ke kondisi awal atau default.

3. Uninstall dan install lagi PES Mobile

Menghapus memori atau cache dan data game tidak membuahkan hasil dalam masalah ini. Saya berpikir mungkin error yang terjadi sudah cukup dalam yakni dibagian system game itu sendiri. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan uninstall game PES 2019 Mobile tersebut. Awalnya ragu, karena kalian tahu sendiri kalau kapasitas game ini cukup besar yakni mencapai 2GB.  Kuota segitu bisa dibuat 2 sampai tiga hari dong ya untuk penggunaan normal.

Dan setelah diuninstall, saya lakukan restart HP agar file yang tersisa bisa dihapus dari memori. Kemudian saya langsung mencoba menginstall game PES 2019 Mobile kembali di HP. Setelah selesai, lantas saya langsung membuka game tersebut. Susah payah membuahkan hasil, game sudah bisa dimainkan kembali.

Karena sudah susah payah mengeluarkan tenaga dan pikiran akhirnya saya menyudahi permainan PES Mobile. Singkat cerita, keesokan harinya saya mencoba buka kembali game PES Mobile, ternyata masalah yang kemarin terulang kembali. Jadinya harus berpikir keras kembali untuk mengatasi masalah tersebut.

Catatan: Uninstall dan install kembali aplikasi atau game akan mengatasi masalah corrupt dan error.

4. Mereset HP android / factory reset

Karena sudah buntu mau ngelakuin cara apa lagi, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan reset HP atau factory reset. Langkah awal saya mulai melakukan backup data HP, mulai dari pesan, kontak, pengaturan aplikasi, hingga chat WhatsApp. Selesai sudah, waktunya melakukan eksekusi yakni factory reset Samsung J3 Pro 2017. Jika belum tahu, berikut cara-caranya:
  • Pertama matikan HP android terlebih dahulu dan pastikan sisa baterai masih di atas 50%.
  • Kemudian, masuk ke mode recovery dengan klik tombol Home + Power + Volume Up selama beberapa detik. Jika sudah muncul logo Samsung, maka lepaskan tekanan pada tombol power.
  • Jika sudah masuk ke mode recovery lepaskan tekanan pada semua tombol, selanjutnya pilih Wipe data lalu pilih Yes – delete all user data. (gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk eksekusi)
  • Tunggu proses factory reset hingga selesai, kemudian lakukan reboot system now.
Sampai di sini semua data di HP sudah hilang, guys. Selanjutnya saya melakukan restore data, waktunya cukup lumayan lama karena banyak juga data yang harus direstore. Tetapi sayangnya, waktu lama yang saya habiskan tidak membuahkan hasil. Game PES 2019 Mobile tetap saja tidak bisa dibuka, di mana  game terbuka hanya sampai cover saja alias gambar Coutinho.

Catatan: Saya melakukan factory reset karena mendapat informasi dari forum Samsung. Di mana, salah satu user berkata kalau  upgrade ke OS Android 9 Pie harus melakukan factory reset terlebih dahulu biar gak terjadi error. Data smartphone akan dikembalikan ke kondisi pabrik seperti baru lagi.

5. Mengganti ke jaringan wifi

Cukup frustasi dengan masalah ini, iseng-iseng saya pergi ngopi ke salah satu café di daerah kota. Biar enggak rugi, sekalian pake jaringan wifi di café tersebut. Sudah puas jalan-jalan di Instagram, saya coba buka game PES 2019 Mobile. Betapa senangnya, ternyata game tersebu bsia saya buka seperti biasanya tanpa terkendala masalah apapun.

Sepulang dari café saya langsung bergegas mindahin kartu seluler ke mifi, kebetulan saya punya modem wifi yang biasa digunain untuk laptop. Saya coba sambungin HP ke jaringan mifi tersebut, ternyata benar game PES 2019 Mobile bisa berjalan secara normal. (kebetulan saya pakai kartu XL, sinyal 4G XL di rumah memang tidak terlalu bagus)

Catatan: Ternyata masalah utama game PES 2019 Mobile yang tidak bisa dibuka di HP saya diakibatkan oleh sinyal seluler yang kurang baik.

Bisa disimpulkan permasalahan yang saya alami pada game PES Mobile yang tidak bisa dijalankan di Samsung J3 Pro (Android Pie) diakibatkan oleh sinyal atau data seluler. Saat disambungin ke jaringan wifi, game PES Mobile bisa berjalan secara normal.

Baca Juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel