Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close
Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close

Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close

Game Call of Duty Mobile Force Close - Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi game COD Mobile force close atau keluar sendiri tersebut. Namun, tidak jarang dari mereka kebingungan

Game Call of Duty Mobile Force Close - Pernahkah kamu saat seru-serunya main game COD Mobile tiba-tiba keluar sendiri atau force close? Game COD Mobile force close seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Permasalahan bisa datang dari perangkat HP android atau bisa juga game yang error / corrupted. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi game COD Mobile force close atau keluar sendiri tersebut. Namun, tidak jarang dari mereka kebingungan karena tidak bisa mendapatkan informasi akurat untuk masalah tersebut. 

Tidak perlu bingung, karena kamu sudah ada di halaman situs yang tepat. Di sini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi game Call of Duty force close atau keluar tiba-tiba tersebut. Caranya sangat mudah, kamu yang masih pemula sekali pun bisa menerapkannya dengan sangat mudah. Semakin mudah karena kamu tidak memerlukan alat khusus untuk mengatasi permasalahan game Call of Duty Mobile error tersebut.

Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close
Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close

Cara Mengatasi Game COD Mobile Force Close untuk Pemula



Sebenarnya sangat mudah cara mengatasi Call of Duty Mobile keluar sendiri, hanya saja tidak semua pengguna mengatahuinya. Adapun langkah-langkah mengatasi game COD Mobile keluar secara tiba-tiba atau force close selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP android


Cara mengatasi game COD Mobile force close paling mudah yang pertama yakni dengan me-RESTART HP android. Dengan cara ini file cache atau sampah di RAM dan memori HP akan terhapus. Seperti yang kita ketahui bersama, file cache yang menumpuk bisa saja menjadi penyebab error pada HP android. Salah satunya menyebabkan game atau aplikasi keluar secara tiba-tiba tanpa diperintah. 

Meski demikian, file cache ini sebenarnya juga punya manfaat yang baik pengguna. File cache berguna untuk mempercepat loading game atau aplikasi pada momen ke dua, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama. 

2. Menghapus file cache game


Jika dengan cara menghapus cache HP tidak mampu mengatasi masalah game Call of Duty error, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif berikutnya. Hampir sama cara kerjanya dengan merestart HP yang menghapus data cache HP, di sini permasalahan bisa juga disebabkan oleh cache game yang menumpuk.

File cache dari game COD Mobile yang menumpuk juga menjadi salah satu penyebab force close. Karena itulah, menghapus file cache game tersebut merupakan cara paling tepat untuk mengatasi permasalahannya. Untuk langkah-langkah menghapus cache COD Mobile, sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di HP Android. 
  • Kemudian klik opsi Aplikasi.
  • Sekarang kamu cari dan pilih game Call of Duty Mobile. 
  • Klik pada opsi Penyimpanan
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Menghapus file data game


Jika dengan cara menghapus file cache atau sampah game belum berhasil, selanjutnya kamu bisa menghapus file data game. Caranya hampir sama, namun efek yang ditimbulkan berbeda tentunya. 

Jika menghapus file cache hanya berpengaruh terhadap loading pertama game, berbeda dengan menghapus file datanya. Menghapus file data game berarti menghapus semua detail info dari game tersebut, seperti detail login, pengaturan game, hingga pencapian peringkat dalam game. Jadi, sebelum menghapus data sebaiknya kamu lakukan backup data game ke akun Google Play Game atau akun resmi game tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan HP Android. 
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Penyimpanan
  • Cari dan klik pada game Call of Duty mobile. 
  • Pilih opsi Penyimpanan
  • Terakhir klik Hapus Data
  • Selesai.

4. Memanfaatkan aplikasi Cleaner RAM


Cara mengatasi force close Call of Duty Mobile berikutnya adalah dengan membersihkan RAM dan memori internal. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas. Hanya saja ini dilakukan sebagai penyempurnaan saja. Dengan memanfaatkan aplikasi cleaner memungkinkan kamu menghapus semua file cache yang tersimpan di RAM maupun memori internal. 

Selain itu, aplikasi cleaner biasanya juga akan menghapus virus atau malware yang bisa saja menjadi penyebab game COD Mobile force close. Berbicara mengenai aplikasi pembersih RAM ada banyak sekali jenisnya. Namun, aplikasi cleaner RAM android yang paling direkomendasikan, antara lain: 


5. Uninstall dan Install Ulang game


Game Call of Duty error atau force close juga bisa di atasi dengan cara menghapus atau uninstall game tersebut. Setelah berhasil diuninstall, nantinya kamu bisa menginstall ulang game Call of Duty di HP androidmu. Namun, sebelum menginstall ulang game sebaiknya lakukan Restart smartphone terlebih dahulu. Ini berguna untuk menghapus semua sisa file lama dari game Call of Duty. 

Jika sudah, sekarang langsung lakukan install ulang game Call of Duty di smartphone androidmu. Perlu diingat, pastikan kamu menginstall game COD Mobile hanya dari Google Play Store. Jika dari luar Play Store, kemungkinan besar masalah yang sama akan terjadi kembali. 

6. Melakukan Factory Reset smaartphone


Dan cara terakhir untuk mengatasi masalah game Call of Duty force close yakni dengan melakukan factory reset atau reset HP. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP, termasuk juga pengaturan yang ada di dalamnya. HP akan kembali ke settingan pabrik layaknya HP baru beli. 

Karena itulah, sebelum melakukan factory reset sebaiknya lakukan backup data smartphone terlebih dahulu. Jika sudah selesai direset, nantinya kamu bisa merestore kembali. Ada dua cara factory reset HP android, yakni melalui menu Pengaturan dan juga melalui Recovery Mode. 

Untuk cara factory reset semua HP melalui menu Pengaturan, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu klik opsi Manajemen Umum
  • Selanjutnya pilih opsi Reset
  • Terakhir klik Reset Data Pabrik
  • Konfirmasi setuju jika memang diminta. 

Selain itu, cara factory reset HP android juga bisa dilakukan melalui recovery mode. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kamu sudah menonaktifkan HP android. 
  • Jika sudah, selanjutnya tekan kombinasi tombol Power + tombol Home + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika HP bergetar atau muncul logo brand di layar. [setiap tipe HP berbeda-beda untuk cara masuk ke mode recovery]
  • Sekarang arahkan pilihan ke opsi Factory Reset / Wipe Data dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi. Kemudian konfirmasi pilihan dengan menekan tombol Power. Pilih Wipe All User Data dan tunggu proses reset hingga selesai. 
  • Jika sudah, sekarang klik Reboot System Now
  • Biasanya waktu booting akan membutuhkan waktu yang lama, tergantung tipe HP android. 

Dengan menerapkan cara mengatasi game COD Mobile force close di atas, permasalahan tersebut akan langsung bisa ditangani. Mudah sekali bukan?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Saya suka game, karena itulah saya membuat website yang khusus memuat tentang game ini. Meski begitu nge-game bukanlah sumber penghasilan, hanya sebuah hobi belaka.