Skip to main content

Harga Sony PS5, Spesifikasi dan Kapan Dijual?

Sony PlayStation 5 alias PS5 sebentar lagi akan dipasarkan secara global. Konsol game penerus PS4 ini dipastikan mengusung beberapa perubahan besar, terutama dari sisi grafis yang lebih memikat dan loading jauh lebih cepat. Berikut beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui seputar PS5 …

Sekilas tentang PS5 yang perlu Anda ketahui

  • Apa itu PS5 : Konsol terbaru Sony, PlayStation non-portabel kelima
  • Tanggal rilis : 12 November 2020 (wilayah tertentu), 19 November (seluruh dunia) 
  • Harga : US$ 499 untuk PS5, US$ 399 untuk PS5 Digital Edition
  • Fitur utama : Game 4K pada 60 fps, resolusi hingga 8K, hingga 120 frame per detik, ray tracing, fast-loading SSD
  • Game utama : Spider-Man: Miles Morales, Horizon II: Zero West, Gran Turismo 7, Ratchet and Clank: Rift Apart, Final Fantasy XVI
  • Spesifikasi : 8-core 3,5 GHz AMD Zen 2 CPU, 10,3 teraflop AMD RDNA 2 GPU, 16 GB GDDR6 memory, 825 GB custom SSD

Kapan PS5 Dipasarkan?

Sony telah mengumumkan PS5 akan diluncurkan pada 12 November 2020 di AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Selandia Baru, Australia dan Korea Selatan, dan pada 19 November 2020 di seluruh dunia. 

Kabar  terkini, kemungkinan ada penundaan penjualan PS5 di Indonesia. Website PS5 di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam saat ini hanya menunjukkan gambar dari konsol generasi baru tersebut. Di bawahnya tidak ada lagi tulisan yang memastikan PS5 akan hadir pada akhir tahun 2020 ini. Namun tentu hal itu bisa saja berubah tergantung kebijakan dari Sony.

Berapa Harga PS5?

Di Amerika Utara, PS5 akan berharga $ 499 dalam konfigurasi standar dengan drive disk, dan $ 399 untuk Edisi Digital. Di bagian lain dunia, kedua sistem akan berharga € 499 dan € 399, £ 449 dan £ 359, dan ¥ 49.980 dan ¥ 39.980, masing-masing, tergantung dari negaranya.

Di Indonesia belum ada informasi harga resmi PS5, namun harga di India mungkin bisa memberi sedikit gambaran karena sama-sama negara Asia dengan tingkat perekonomian tak jauh berbeda.
Di India, diumumkan bahwa edisi standar konsol PS5 dijual seharga 49.990 rupee atau di kisaran Rp 10 juta. Adapun PS5 versi Digital Edition dijual seharga 39.990 rupee atau Rp 7,9 juta.

Kontroler PS5

Pada April 2020, Sony secara resmi mengambil alih DualSense: pengontrol PlayStation yang didesain ulang secara radikal yang akan menyertai PS5. Sementara DualSense memiliki tata letak tombol yang sudah dikenal dan menghadirkan kembali touchpad dari DualShock 4, desain hitam-putih dua warna ini tidak terlihat seperti pengontrol PlayStation sebelumnya.

Seperti yang dikonfirmasi Sony sebelumnya, DualSense akan memiliki haptic feedback dan adaptive triggers, yang akan memberikan efek getar  yang realistis untuk mensimulasikan rasa, katakanlah, mengemudi melalui lumpur atau menembakkan busur dan anak panah. Tombol Share button telah diganti dengan tombol Create button, yang menurut Sony akan memberikan lebih banyak cara untuk menangkap dan berbagi momen permainan favorit Anda.

DualSense juga memiliki mikrofon internal, yang memungkinkan Anda mengobrol dengan teman tanpa perlu mengeluarkan headset gaming Anda. controller's light bar sekarang mengelilingi touchpad, yang memungkinkan Anda melihat cahaya yang memancar dengan lebih baik dan melengkapi desain putih dengan baik.

Spesifikasi PS5?

Motherboard nya terdiri dari RAM 16 GB GDDR6 yang tersusun dalam delapan model yang mengelilingi SoC-nya, yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2.
Kipas pendingin yang digunakan oleh PS5 termasuk berukuran besar, dengan diameter 120mm dan ketebalan 45mm, dengan saluran udara dari dua sisi. Sony PS5 juga menggunakan heatsink untuk membantu proses pendinginan, dengan saluran udara yang kinerjanya diklaim sama seperti vapor chamber.

Namun yang paling dibanggakan Sony sepertinya adalah SSD custom 825GB yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Hasilnya adalah, loading saat ngegame di PS5 lebih cepat secara signifikan ketimbang di PS4.

PS5 games

Game PS5 yang membuat kehebohan terbesar sejauh ini adalah Ratchet & Clank: Rift Apart, yang akan mengadu duo intergalaksi melawan musuh bebuyutan Dr. Nefarious. Antara lain, gim ini akan memanfaatkan waktu muat PS5 yang sangat cepat untuk merender seluruh dunia dalam hitungan detik, saat Ratchet dan Clank melompati portal demi portal untuk menjelajahi dunia baru yang aneh.

Salah satu game terbesar yang hadir di PS5 Spider-Man: Miles Morales, yang akan diluncurkan bersamaan dengan konsol PS5 pada akhir tahun ini. Game ini memungkinkan Anda mengendalikan Miles Morales sebagai Spider-Man yang lebih baru, lebih muda, dan kurang berpengalaman, dengan semua kekuatan Peter Parker dan beberapa lainnya.

Horizon II: Forbidden West juga merupakan judul Game PS5 kunci lainnya, menindaklanjuti Horizon: Zero Dawn yang populer tahun 2017. Sorotan eksklusif lainnya termasuk Gran Turismo 7 dan Ratchet and Clank: Rift Apart. Di sisi pihak ketiga, Anda dapat menantikan judul-judul besar seperti Godfall, Resident Evil Village, dan NBA 2K21.

Ubisoft telah mengonfirmasi bahwa beberapa judulnya yang akan datang, termasuk Watch Dogs Legion dan Assassin's Creed Valhalla akan ada di PS5, selain konsol lain. Outriders penembak multipemain People Can Fly juga akan tersedia di kedua sistem generasi berikutnya. Kami juga akan mendapatkan Fortnite, meskipun itu bukan kejutan besar.

Final Fantasy XVI juga akan menjadi eksklusif PS5 (setidaknya di konsol), Namun, belum ada tanggal rilis yang terlihat, menunjukkan itu kemungkinan masih lama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->